Selasa, 07 April 2015

Menjelajah Internet



A.Pengertian Internet

 
Internet merupakan singkatan dari Interconnected Network, yaitu kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dalan sebugah jaringan. Disebut saling terhubung karena internet menghubungkan komputer dan jaringan-jaringan komputer yang berada di seluruh dunia menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat besar. Semua jaringan yang terhubung ke internet dapat mengakses semua informasi yagn disediakan di internet secara gratis.

Internet merupakan dunia tanpa batas. Artinya, semua orang mempunyai hak yang sama di internet. Oleh sebab itu, internet merupakan dunia yang bebas dimasuki tanpa harus terikat pada peraturan-peraturan negara tertentu dan tanpa dibatasi oleh batas-batas wilayah teritorial negara tertentu.

Internet merupakan salah satu pemicu terjadinya globalisasi karena telah menghilangkan batas-batas dunia. Internet memungkinkan anda mengakses informasi yang tersimpan di komputer di belahan dunia lain. Internet telah membuat dua orang dari belahan bumi yang berbeda dapat berkomunikasi tanpa dibatasi oleh batas-batas negara, waktu, jarak, dan hukum atau biokrasi suatu negara.


B.        Sejarah Internet

  
Pada tahun 1969 Departemen Pertahanan Amerika Serikat dalam proyek ARPA - ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) melakukan demontrasi bagaimana bisa melakukan komunikasi tanpa batasan jarak (jarak tak terhingga) melalui saluran telepon menggunakan hardware dan software komputer berbasis Sistem Operasi UNIX. Pada proyerk ARPANET tersebut setelah dirancang bentuk jaringan dengan standarisasi kehandalan dan seberapa besar informasi dapat dipindahkan untuk saling berbagi maka terbentuklah sebuah protokol baru yang dikenal TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan semula dari proyek ARPANET sebenarnya hanya terbatas pada keperluan militer saja, pada waktu itu sistem jaringan komputer yang dibuat untuk menghubungkan komputer pada daerah/wilayah vital.

ARPANET pada tahun 1969 awalnya hanya menghubungkan 4 situs saja diantaranya yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah menjadi jaringan secara terpadu. Lalu pada bulan Oktober 1972 ARPANET diperkenalkan secara umum dan tidak lama kemudian berkembang sangat pesat di seluruh wilayah sampai ARPANET kesulitan dalam mengaturnya. Maka ARPANET di pecah menjadi dua bagian yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan ARPANET yang lebih kecil dalam keperluan non-militer. Seiring waktu gabungan antara kedua jaringan tersebut dikenal masyarakat luas dengan nama DARPA Internet dan kemudian disederhanakan lagi menjadi Internet yang seperti sekarang ini kita kenal. Istilah internet pertama kali digunakan pada tahun 1982 dengan perkembangan name server yang memungkinkan para pengguna dapat terhubung kepada suatu host tertentu.

Perkembangan Internet terus berkembang sangat pesat membuat penggunanya semakin bertambah dan terus bertambah dengan berbagai layanan yang bisa didapatkan baik dalam mengakses informasi dari berbagai situs, komunikasi live chat, email gratis, dan berbagi data dengan secara langsung menggunakan software dan tools tertentu atau menggunakan File Transfer Protocol (FTP). Dalam penggunaan internet harus secara bijak menggunakannya dan juga menjaga keamanan komputer yang terhubung dengan menggunakan antivirus terbaik agar terlindungi dari setiap aktivitas berbagai sumber daya ataupun berselancar didunia maya.

Pengertian Internet, Fungsi Internet, Sejarah Jaringan Internet sendiri semakin luas penjabarannya seiring perkembangan teknologi komputer dan telekomunikasi disertai berbagai macam layanan online yang bisa didapatkan. Penjelasan secara singkat mengenai internet tersebut diatas beserta sejarah awalnya yang sekarang ini kita melihat dan merasakan sendiri arti dari internet dalam kehidupan sehari-hari. Banyak sekali fungsi internet baik untuk membantu dalam berbagai persoalan hidup dengan mendapatkan pemecahannya diberbagai situs, membantu pekerjaan dan bahkan internet itu sendiri dijadikan lahan pekerjaan oleh sebagian orang, membantu tugas sekolah dan juga sarana hiburan yang lengkap sekali disajikan di dunia online dengan terhubung ke internet.


C.  Manfaat dan Kegunaan Internet



            (Pengertian Intranet) – Intranet adalah konsep LAN yang mengadopsi teknologi Internet dan mulai diperkenalkan pada akhir tahun 1995. Atau bisa dikatakan Intranet adalah LAN yang menggunakan standar komunikasi dan segala fasilitas Internet, diibaratkan berInternet dalam lingkungan lokal. umumnya juga terkoneksi ke Internet sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan jaringan Intranet lainnya (Internetworking) melalui backbone Internet.
(Manfaat dan Kegunaan Internet) – Seperti kita ketahui bahwa Manfaat internet begitu besar sehingga hampir semua bidang memanfaatkan hal ini. Di antaranya adalah di bidang bisnis, akademis, pemerintah, organisasi dan sebagainya.
Manfaat Internet dapat di kelompokkan menjadi beberapa kelompok besar yaitu:
1.        Internet sebagai media informasi: Fenomena internet sebagai media informasi dan telekomunikasi yang cepat mudah dan murah dengan jangkauan global menyebabkan bermunculan media online, seperti : detik, satunet, CNN, majalah, brosur dll. Keuntungan media online dibandingkan dengan media cetak adalah mengurangi biaya cetak dan distribusi.
2.        Internet sebagai media promosi: Dengan mempomosikan produk di internet maka perusahaan mendapatkan bebrapa keuntungan, yaitu dapat menjangkau pelanggan atau pembeli di mana pun berada tanpa batasan waktu dan wilayah.

Kegunaan Internet dapat di kelompokkan menjadi beberapa kelompok besar yaitu:
1.        Informasi yang didapatkan lebih cepat dan murah dengan menggunakan berbagai aplikasi antara lain : email, newsgroup, www, FTP, dll.
2.       Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi, contoh : koran, majalah, dan brosur.
3.       Sebagai media promosi, contoh : pengenalan dan pemesanan produk.
4.       Komunikasi interaktif, meliputi : email, dukungan pelanggan www, video, conferencing, internet relay chat, internet phone.
5.       Sebagai alat untuk research dan development.
6.       Pertukaran data.
Diharapkan kita bisa lebih banyak mendapatkan wawasan dengan cara memanfaatkan internet secara baik. Diharapkan juga menjadi argument ketika ada orang awam berpandangan negatif tentang keberadaan internet. Sebab tidak semua yang menggunakan internet adalah berpengaruh negatif.
Semoga bisa bermanfaat.


D.       SYARAT-SYARAT SARANA  & PRASARANA(KOMPUTER) UNTUK INTERNET
 

1. Komputer
       Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengkases internet. Spesifikasi komputer  yang digunakan dalam koneksi internet sangat mentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet. semakin tinggi spesifikasi sebuah komputer, semakin cepat kinerja akses internet, begitu pula sebaliknya.
Adapun spesifikasi komputer yang digunakan untuk mengakses internet adalah sebagai berikut :
¤      Komputer minimal Pentium III dengan menggunakan processor 500 MHz (Mega Hertz)
¤      RAM (Random Access Momory), minimal 64 Mb (Mega bytes)

          RAM juga disebut memorI yang mempunyai kegunaan untuk menyimpan masukan data dan perintah yang bersifat sementara.

Dalam komputer terdapat beberapa perangkat seperti:

a. Monitor
Spesifikasi Monitor dibedakan sebagai berikut :
o    CGA (Color Graphics Adapter) monitor jenis ini memiliki resolusi maksimal 640x200. Dan bisa menampilkan 4 warna saja. Jenis monitor ini adalah monitor dengan resolusi kualitas rendah menurut standart IBM.
o    EGA (Enhanced Graphics Adapter), monitor ini memiliki resolusi maksimum 640x350 yang mencukupi untuk penggunaan tingkat tinggi seperti menampilkan mode grafis. Monitor jenis ini mampu menampilkan 16 warna pada bentuk teks (80x25 karakter atau 40x25 karakter).
o    VGA (Video Graphicd Array), monitor ini memiliki resolusi maksimum 800x600, perbedaan jenis EGA dan VGA adalah cara menampilkan pixel yaitu EGA/CGA pixel ditampilkan secara langsung sebagai hasil dari tembakan generator adapter.

Sedangkan pada VGA, pixel sebelum ditembakkan diolah dulu dalam memori khusus yaitu VGA Card sehingga ketajamannya dapat diatur. VGA mampu menampilkan 128 – 254 warna.   Super VGA, monitor ini memiliki resolusi tertinggi yaitu 1.024x764 dan dapat menampilkan warna mencapai 65.000 warna, termasuk warna perak dan emas.

b. Memory (RAM)
    Memori yang digunakan dalam komputer biasa disebut RAM (Random Access Memory). RAM dapat membaca/menyimpan/menulis data atau program. RAM yang bisa digunakan untuk mengakses internet adalah minimal 16 MB. Semakin tinggi suatu memory semakin banyak yang dapat ditampung oleh komputer.
     Data pada RAM bersifat volatif yang artinya data akan hilang apabila komputer dimatikan atau terjadi  pemadaman  listrik.
Sifat dari memory ini adalah sebagai berikut :
     Temporer, artinya data yang terdapat dalam komputer akan hilang apabila komputer dimatikan.
     Random, artinya dalam membaca data dilakukan secara acak.
c. Processor Pentium
Processor berfungsi mengolah semua informasi yang dimasukan pengguna komputer serta memberikan hasil sesuai dengan kehendak sang pemakai, dengan demikian semakin tinggi processor semakin cepat pula komputer dalam mengolah perintah. Processor yang bisa digunakan untuk akses internet minimal Pentium 133 MHz. Processor dapat diartikan sebagai otak dari sebuah komputer.
d. Hardisk
Hardisk merupakan tempat menyimpan program/data yang ada dalam komputer. Harddisk yang digunakan minimal adalah 2 GB. Harddisk yang besar mempengaruhi banyaknya software yang disimpan.

2. Modem
   Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.
       Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut “modem”, seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
        Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio. Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer.
Modem terbagi atas:
a.    Modem Dial Up ( Internal/Eksternal/Cable Modem/Modem ADSL)
Berfungsi untuk mengubah gelombang analog menjadi sinyal digital menjadi gelombang analog dari kabel telepon sehingga komputer dapat terkoneksi dengan internet. Modem dial up biasa digunakan oleh Personal Computer (PC) yang langsung dihubungkan melalui saluran telpon. Jenis modem dial up ada dua macam yaitu:
1.    Modem Internal  merupakan modem yang dipasang dalam komputer terutama pada slot ekspansi yang tersedia dalam mainboard komputer. Rata-rata kecepatan modem internal untuk melakukan download adalah 56 Kbps.
Keuntungan menggunakan modem internal, antara lain adalah:
a)    Lebih hemat tempat dan harga lebih ekonomis
b)   Tidak membutuhkan adaptor sehingga terkesan lebih ringkas tanpa ada banyakkabel.
Kelemahan modem internal, sebagai berikut:
a)    Modem ini tidak memerlukan lampu indikator sehingga sulit untuk memantau status modem
b)   Modem ini membutuhkan daya dari power supply. Hal ini mengakibatkan suhu dalam kotak CPU bertambah panas.    

2.   Modem eksternal 
merupakan modem yang letaknya diluar CPU komputer. Modem eksternal dihubungkan ke komputer melalui port com atau USB. Pemasangan modem ini adalah dengan cara menghubungkan modem ke power dan menghubungkannya lagi ke adaptor lalu disambungkan kembali ke listrik.
Keuntungan modem eksternal:
a)    Portabilitas yang cukup baik sehingga bisa pindah-pindah untuk digunakan pada komputer lain
b)   Dilengkapi lampu indikator sehingga mudah untuk memantau status dari modem.
Kelemahan dari modem eksternal:

a)          Harga lebih mahal dari pada modem internal
b)          Modem Kabel (Cable Modem)

Modem Kabel (Cable Modem), adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Kecepatannya lebih tinggi dibandingkan dengan modem dialup atau modem ADSL, kecepatan modem kabel maksimum 27Mbps downstream (kecepatan download ke pengguna) dan 2,5Mbps upstream (kecepatan upload dari pengguna).
3.   Modem ADSL atau Asymmetric Digital Subscriber Line

ADSL atau Asymmetric Digital Subscriber Line adalah salah satu bentuk dari teknologi DSL. Ciri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, yaitu bahwa data ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain. Gunanya untuk memecah sinyal telepon menjadi dua bagian untuk suara dan data.
d. Modem CDMA
Modem CDMA merupakan sebuah modem nirkabel yang bekerja dengan jaringan CDMA serta menggunakan teknologi CDMA. CDMA lebih mengacu pada salah satu dari sekian banyak protokol komunikasi nirkabel generasi kedua (2G) dan generasi ke tiga (3G). CDMA menggunakan frekuensi ultra tinggi yakni 800-1900Hz.
3. Telepon 
 Jaringan telepon merupakan salah satu prasyarat untuk terhubung ke internet karena jaringan telepon digunakan untuk meneruskan sinyal dari modem. Proses pada saat modem terhubung dengan telepon dan kita memulai hubungan dengan ISP.
Proses tersebut sama dengan proses kita menelpon biasa tetapi jika ada telepon masuk pada saat kita menggunakan modem, maka si penelepon akan mendengar nada sibuk dan tidak dapat menghubungi kita. Karena modem dan telepon sangat berkaitan erat maka kecepatan modem sangat berpengaruh terhadap rekening telepon yang harus kita bayar setiap bulan dengan demikian modem yang cepat akan lebih hemat uang dari pada modem yang lambat.
Untuk lebih jelasnya, akses internet juga dapat menggunakan saluran telepon, satelit, dan handphone. Berikut adalah penjelasannya.
a)      Saluran Telepon
Saluran telepon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan computer dengan internet dan juga diikuti dengan penggunaan modem dial-up.
b) Satelit
VSAT (Very Small Aperture Terminal) adalah stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antenna penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari 3 meter. Fungsi utama VSAT adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit.
Protokol yang digunakan disebut WAP (Wireless Application Protocol) adalah sebuah protocol atau sebuah teknik messaging service yang memungkinkan sebuah handphone bisa akses ke internet.
Sumber : http://dereinbov.blogspot.com/2013/08/perangkat-keras-beserta-fungsinya-untuk_26.html

E.      Langkah-langkah mengakses Internet

Cara Mengakses Internet - Perkembangan teknologi internet saat ini memang sudah semakin berkembang pesat. Hampir seluruh masyarakat di seluruh dunia menggunakan internet sehari-hari, baik sekadar mencari informasi ter-update, mengakses situs jejaring sosial, berbelanja online, bermain game online atau bahkan berbisnis online. Secara harfiah, internet atau Interconnection Networking merupakan jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan jaringan sistem global internet protocol yang saat ini dimanfaatkan oleh seluruh pengguna internet di seluruh dunia. Dari masa ke masa teknologi internet semakin menunjukkan perkembangan yang begitu pesat hingga saat ini. Meski di Indonesia sendiri pengguna internet belum seluruhnya merata, selain karena keterbatasan, kualitas jaringan dan mahalnya jaringan yang tersedia. Meski begitu untuk beberapa kota besar di Indonesia, terutama pada gedung-gedung perkantoran, hotel, sekolah maupun mall kini telah mengakses internet untuk memudahkan bisnis maupun kegiatan yang tengah di kerjakan.


Ketika anda ingin melakukan browsing di internet, tentu saja anda perlu memiliki akses internet yang terhubung dengan PC, laptop maupun handphone anda. Untuk saat ini memang sudah banyak Cara Mengakses Internet pada perangkat mobile, yaitu melalui jaringan telepon, USB Modem, jaringan nirkabel (wireless/Wi-Fi) yang saat ini sudah banyak tersebar di beberapa gedung dan taman kota. Untuk anda yang mengakses internet menggunakan jaringan telepon, anda perlu mengetahui beberapa kelemahannya, seperti jaringan internet hanya dapat diakses melalui lokasi jaringan telepon fixed dimana lokasi anda berada, serta tidak dapat dipindahkan atau di bawa kemana saja.

Cara Mengakses Internet

Sementara untuk anda yang mengakses internet menggunakan USB Modem, cara ini merupakan pilihan alternatif untuk anda yang bekerja di lapangan atau sering bepergian kemana saja. Dengan menggunakan USB Modem ada beberapa cara yang dapat dilakukan, mulai dengan menyisipkan sim card untuk handphone atau laptop anda. Perangkat ini sangat praktis karena bersifat portabel yang memudahkan anda untuk dapat mengakses internet dimana saja dan kapan saja. Sedangkan jika anda memanfaatkan akses internet melalui Wi-Fi yang tersedia di beberapa tempat, seperti mall, cafe, gedung sekolah, kantor atau tempat lainnya mungkin dapat lebih menghemat biaya pengeluaran untuk internet, karena biasanya cukup dengan memesan makanan yang tersedia di mall atau cafe lalu anda dapat mengakses internet secara gratis.

Untuk anda yang ingin mengakses internet, namun masih bingung bagaimana Cara Mengakses Internet pada PC, laptop maupun handphone, anda tidak perlu bingung sebab di bawah ini Garismiring.com akan memberikan informasi secara lengkap untuk membantu anda mengakses internet dimana saja tempat anda berada, seperti berikut:

1.       Nyalakan PC atau laptop anda.
2.     Pastikan komputer telah terhubung dengan internet, bisa melalui USD mode, LAN atau Wi-Fi.
3.     Pilih icon menu internet browser (mozilla firefox, google chrome, opera, internet explorer, dll).
4.    Ketikkan alamat website di address bar, lalu tekan Enter.
5.     Anda dapat mengakses situs internet apa saja yang anda inginkan sesuai dengan kebutuhan, misalnya Google.com; Youtube.com; Yahoo.com; Kompas.com; dll.
6.     Anda pun telah dapat memulai mengakses situs manapun sesuai kebutuhan anda.

Cara Mengakses Internet

Dengan informasi Cara Mengakses Internet seperti diatas dapat memudahkan anda untuk mengakses situs manapun untuk mendapatkan informasi, mengakses situs jejaring sosial, berbelanja online, bermain game online atau berbisnis online, sesuai dengan kebutuhan anda masing-masing dalam menggunakan akses internet. Dengan akses internet yang semakin praktis seperti menggunakan USB modem dan Wi-Fi memang menguntungkan beberapa pihak yang ingin tetap mengakses internet dimana saja dan kapan saja. Sekian ulasan mengenai Cara Mengakses Internet, semoga informasi diatas dapat bermanfaat.


F.          Kelebihan dan Kekurangan Media Internet

 

 

Dalam proses pembelajaran Media Internet juga memiliki kelebihan.Kelebihan Media Internet :
1.    Internet memberikan sambungan (konektivitas) dan jangkauan yang sangat luas sehingga akses data dan informasi tidak dibatasi waktu, tempat, dan negara.
2.   Akses infromasi di internet tidak dibatasi oleh waktu karena dunia maya yang dihadirkan secara global tidak perneh tidur. Dengan kata lain, kita dapat melakukan pencarian informasi melalui internet kapan saja selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.
3.   Akses informasi melalui internet lebih cepat bila dibandingkan dengan mencari informasi pada halaman-halaman buku-buku di perpustakaan. Kita tinggal mengklik icon tertentu, maka apa yang kita inginkan akan muncul di layar monitor komputer kita.
4.   Internet juga menyediakan kegiatan pembelajaran interaktif seperti fasilitas elearningyang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga tertentu yang dapat meningkatkan kemampuan intelektual kita, seperti sekolah menulis online, dsb. Tentu saja dengan menjadi anggota pada kegiatan tersebut dan mengikuti ketentuan yang ditetapkan oleh lembaga tersebut.
5.   Kita dapat berdiskusi dengan teman-teman sebaya atau setingkat mengenai berbagai hal jika kita memasuki mailing list atau melakukan chatting.
6.   Dibandingkan dengan membeli buku atau majalah asli, penelusuran informasi melalui internet jauh lebih murah. Apalagi pada saat ini banyak situs yang menyediakan jasa informasi secara cuma-cuma. Kita btinggal mengunduh atau mencetak informasi yang kita butuhkan.


G.           DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF PENGGUNAAN INTERNET




¤    Dampak positif Internet

1)   Internet sebagai Media komunikasi
       Fungsi ini merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan , setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2)  Media untuk mencari Informasi
       Perkembangan internet yang pesat,menjadikan internet sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
3)   Sumber Penghasilan
       Saat ini banyak sekali orang yang menggunakan internet sebagai sumber penghasilan.
4)  Kemudahan berbisnis
       Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi ketempat penjualan.
5)  Sumber informasi.
       Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan ,kebudayaan,da lain-lain.
6)  Kemudahan memperoleh informasi.
       Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
7)   Media pertukaran data.
       Dengan menggunakan email,newsgroup,FTP dan WWW (World Wide Web) pengguna internet diseluruh  dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.

¤    Dampak negatif internet

1)   Pornografi
       Internet identik dengan pornografi.Dengan kemamapuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini para produsen browser melengkapi program  mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis homepage yang dapat diakses.
2)  Penipuan
       Internet pun tidak luput dari serangan penipu.Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang kamu dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
3)  Mengurangi sifat sosial
      Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat iternet dari pada bertemu secara langsung.
4)  Kecanduan
      Bisa membuat seseorang kecanduan ,terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut.


H.       Langkah Untuk Mencegah Dampak Negatif Internet Terhadap Masyarakat
Beberapa langkah untuk mencegah dampak negatif Internet terhadap masyarakat bisa dijabarkan sebagai berikut :
¤     Dari sisi pemerintah dan masyarakat:
1. Mengontrol situs-situs Internet yang menyajikan informasi yang kurang mendidik bagi masyarakat. Situs porno dan kekerasan yang dapat merusak mental dan kepribadian anak-anak/remaja.
2. Pemakaian produk pihak lain secara legal, menghormati ide dan karya orang lain, membuat undang–undang HAKI (hak atas kekayaan intelektual), melakukan pengawasan terhadap hak cipta, hak paten, dan hak atas kekayaan intelektual lainnya untuk mencegah terjadinya pembajakan, plagiat, dan pemakaian melebihi lisensi.
¤     Dari sisi Pemilik Situs, Network Administrator dan User:
1. Sebaiknya menggunakan layanan security seperti https, sftp, SSH, dll dibandingkan dengan http, ftp, telnet, dan lain-lain. Penggunaan email seperti S/MIME atau PGP juga perlu.
2. Menggunakan layanan firewall, proxy, ACL (Access List) atau tools lain yang bisa memblok situs-situs yang tidak diinginkan. Beberapa tools untuk pemakaian individual yang sangat bagus adalah TVGuardian dan Weemote. TVGuardian “The Profanity Filter” – secara otomatis mendeteksi dan menyaring ungkapan atau kata-kata kotor dan kata-kata kasar lainnya sementara kita menonton pertunjukan film atau televisi. Weemote – merupakan remote control TV yang dirancang untuk anak-anak. Selain penggunaannya mudah bagi anak-anak, remote ini juga memiliki karakteristik ‘parental control’ untuk memilih hanya channel-channel yang ingin dilihat oleh anak-anak.
¤     Membatasi penggunaan suatu layanan, misalnya layanan SSH ditutup pada hari Jumat jam 22.00 dan dibuka kembali pada haris Senin jam 06.00. Beberapa tools untuk pemakaian individual yang sangat bagus adalah PC TimeCop, WatchDog Activity Monitor, dan Phone LineLok – Telephone Time Management Phone LineLok. PC TimeCop merupakan perangkat lunak manajemen waktu pemakaian komputer dengan menggunakan WatchDog Activity Monitor, digunakan untuk membatasi pemakaian komputer. Phone LineLok – Telephone Time Management Phone LineLok mengontrol pemakaian telepon dan Internet. Pada Linux bisa mengaturnya dari cron daemon dan di Windows bisa diatur dari services.
¤     Dari sisi User secara umum :
1. Tidak terlibat dalam cyber crime (kejahatan Internet) dan menjadi pelakunya, seperti cracker, carder, phreaker, dan flooder.
2. Pengguna harus logout / sign out jika login pada sebuah situs dan tidak langsung menutupnya dengan cara mematikan browser.
3. Penggunaan password secara aman :
§ Panjang password minimal 9 karakter.
§ Password sebaiknya tidak berhubungan dengan data pribadi pengguna, misalnya : nama istri, nama kecil, dll.
§ Tidak merupakan kata-kata yang ada dalam kamus (dictionary word).
§ Secara teratur mengganti password dalam jangka waktu tertentu.
§ Tidak menyimpan password pada browser.
4. Tidak secara sembarangan memasukkan alamat email terhadap situs-situs yang dikunjungi.
5. Pemakaian Internet Security ( antivirus, antispyware, antispam, dan lain-lain).
¤     Dari sisi Orang tua :
1. Letakkan komputer di ruang keluarga atau ruangan yang sering dilewati umum (sebaiknya tidak di kamar tidur anak).
2. Batasi waktu pemakaian komputer untuk anak.
3. Orang tua harus terlibat dan menyediakan waktu dengan anak-anak pada saat mereka sedang online.
4. Pelajari sebanyak mungkin tentang komunitas online, mungkin saja anak-anak lebih mengetahuinya dibandingkan orang tua.
5. Cari tahu mengenai software-software pemblokiran dan penyaringan situs-situs tertentu serta implementasikan.
6. Jika menggunakan komputer bersama dengan anak-anak, dan sengaja ataupun tidak sengaja telah mengunjungi suatu website yang sebaiknya tidak dikunjungi anak, sebaiknya menghapus alamatnya dengan cara menghapus history-nya, dengan langkah-langkah seperti di bawah ini:
1. Klik Tools
2. Pilih dan klik Internet Options
3. Klik tombol Clear History pada jendela Internet Options
Masih banyak lagi cara-cara yang perlu diterapkan dalam mencegah dan mengurangi dampak negatif Internet terhadap masyarakat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar